Friday, October 24, 2014

Manfaat Teknologi Informasi


BAB I
PENDAHULUAN

I. 1   LATAR BELAKANG MASALAH

            Dalam kehidupan kita dimasa mendatang, sektor teknologi informasi dan telekomunikasi merupakan sektor yang paling dominan. Siapa saja yang menguasai teknologi ini, maka dia akan menjadi pemimpin dalam dunianya.Teknologi informasi banyak berperan dalam bidang-bidang antara lain : Bidang pendidikan (e-education ). Globalisasi telah memicu kecenderungan pergeseran dalam dunia pendidikan dari pendidikan tatap muka yang konvensional ke arah pendidikan yang lebih terbuka. Dengan adanya perkembangan teknologi informasi dalam bidang pendidikan, maka pada saat ini sudah dimungkinkan untuk diadakan belajar jarak jauh dengan menggunakan media internet untuk menghubungkan antara mahasiswa dengan dosennya, melihat nilai mahasiswa secara online ,mengecek keuangan, melihat jadwal kuliah, mengirimkan berkas tugas yang diberikan dosen dan sebagainya, semuanya itu sudah dapat dilakukan. Faktor utama dalam distance learning yang selama ini dianggap masalaha dalah tidak adanya interaksi antara dosen dan mahasiswanya. Namun demikian, dengan media internet sangat dimungkinkan untuk melakukan interaksi antara dosen dan siswa baik dalam bentuk real time (waktu nyata)atau tidak.

I. 2    RUMUSAN MASALAH

Apa saja manfaat Teknologi Informasi bagi kita selaku Mahasiswa?

I. 3       TUJUAN PENULISAN

Untuk mengetahui manfaat Teknologi Informasi bagi mahasiswa dalam dunia pendidikan.


BAB II
PEMBAHASAN

I.    Manfaat Teknologi Informasi

     Pada zaman globalisasi seperti sekarang ini, manusia telah banyak menciptakan banyak teknologi untuk menunjang kelangsungan hidup manusia. Teknologi yang diciptakan pun beragam, mulai dari teknologi yang sederhana hingga teknologi yang sangat canggih. Teknologi berperan penting bagi kalangan mahasiswa dalam melakukan aktivitas sehari-hari. Salah satu teknologi yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan mahasiswa adalah komputer, kini komputer sudah menjadi bagian yang paling vital karena jika tidak ada komputer maka mahasiswa akan mengalami kesulitan untuk melakukan aktivitas sehari-hari.


Peran komputer bagi mahasiswa:

1) Sebagai alat untuk membantu mengerjakan tugas

        Komputer sangat berperan dalam memudahkan proses pembelajaran secara efektif dan efisien. Komputer menghasilkan sumber intelektual mendasar dan baru. Komputer merupakan alat berpikir dan alat pemecahan masalah. Salah satu peran komputer bagi mahasiswa dalam kehidupan perkuliahan yaitu transportasi data yang cepat dan aman sehingga pekerjaan lebih cepat selesai dan akurat serta efisiensi tenaga. Dengan adanya komputer, mahasiswa banyak tertolong dalam mengerjakan tugas melalui program di komputer seperti dalam pengolahan data (menggunakan Microsoft Word), pengolahan angka (menggunakan Microsoft Excel), membuat presentasi (Microsoft PowerPoint).

 
2) Sebagai alat untuk memperlancar komunikasi sosial

      
Sebagai seorang mahasiswa, saya pun membutuhkan komputer sebagai alat untuk menperlancar komunikasi sosial. Komputer yang disertai koneksi internet dapat menghubungkan saya untuk berkomunikasi dengan teman-teman saya (melalui facebook, twitter, skype, dll.) dan juga untuk mengumpulkan tugas ke dosen melalui e-mail yahoo.




3) Sebagai sarana hiburan
        
Lepas dari peran komputer yang dapat membantu mahaiswa dalam mengerjakan tugas, komputer juga berperan dalam sarana hiburan. Dengan komputer, saya dapat mendengarkan musik, melihat video lagu, menonton film, serta terkadang meng-edit foto. Melalui program-program yang ada di komputer tersebut, saya sebagai mahasiswa yang terkadang jenuh karna tugas kuliah pun menjadi terhibur.


4) Pusat kegiatan siswa
  
       Sebagai suatu community web based distance learning harus mampu menjadikan sarana ini sebagai tempat kegiatan mahasiswa, dimana mahasiswa dapat menambah kemampuan, membaca materi kuliah, mencari informasi dan sebagainya.
 





5) Interaksi dalam grup
      
Para mahasiswa dapat berinteraksi satu sama lain untuk mendiskusikan materi-materi yang diberikan dosen. Dosen dapat hadir dalam group ini untuk memberikan sedikit ulasan tentang materi yang diberikannya.





6) Sistem administrasi mahasiswa;
    
  Dimana para mahasiswa dapat melihat informasi mengenai status mahasiswa, prestasi mahasiswa dan sebagainya.






7) Pendalaman materi dan ujian
      
  Biasanya dosen sering mengadakan quis singkat dan tugas yang bertujuan untuk pendalaman dari apa yang telah diajarkan serta melakukan test pada akhir masa belajar. Hal ini juga harusdapat diantisipasi oleh web based distance learning.
























No comments:

Post a Comment

Adobe Audition CC 2021 Full Version

            Pada Postigan kali ini, saya akan bagikan salah satu software editing audio terpopuler.Yapsss ini dia Adobe Audition CC 2021 Ful...